Beralih ke menu navigasi utama Beralih ke bagian utama Beralih ke bagian footer website

Articles

Vol 9 No 2 (2025): Halu Oleo Law Review: Volume 9 Issue 2

Penegakan Hukum Terintegrasi Dalam Kegiatan Perekonomian di Pelabuhan

DOI
https://doi.org/10.33561/holrev.v9i2.137
Telah diserahkan
August 25, 2025
Diterbitkan
2025-09-23

Abstrak

Indonesia merupakan negara kepulauan yang mempunyai tantangan tertentu dalam pengelolaannya. Sebagai negara kepulauan, maka pelabuhan merupakan infrastruktur penting untuk keterhubungan mobilitas dan perekonomian. Kegiatan kepelabuhan merupakan kegiatan yang kompleks terdapat berbagai pihak baik dalam pengelolaan maupun dalam pemanfaatan. Kompleksitas tersebut berakibat pada perlunya koordinasi berbagai pemangku kepentingan, termasuk dalam penegakan hukum. Penegakan hukum pada kegiatan Pelabuhan melibatkan aspek laut, pelayaran, kesyahbandaran, teritori, pelintasan orang dan barang, serta aspek keselamatan dan keamanan laut, sehingga secara kelembagaan membutuhkan adanya sinergi dari berbagai pihak. Dengan keterlibatan berbagai pemangku kepentingan, maka tantangan dalam penegakan hukum kegiatan kepelabuhan menjadi lebih kompleks pula. Penelitian ini fokus pada aspek normatif wewenang penegakan hukum pada sektor kepelabuhan yang dimaksudkan menjadi justifikasi perlunya integrasi dalam proses penegakan hukum sehingga berkontribusi pada optimalisasi fungsi Pelabuhan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode yuridis normatif yang didasarkan pada kebutuhan terhadap kepastian dan efektivitas hukum dalam mendukung kelancaran kegiatan perekonomian di pelabuhan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penegakan hukum di kawasan pelabuhan memerlukan integrasi dalam aspek pencegahan dan penegakan hukum mulai dari otoritas pelabuhan, aparat penegak hukum, hingga instansi pelayanan seperti bea cukai dan karantina. Dalam praktiknya, masih terdapat tumpang tindih kewenangan, lemahnya koordinasi, serta kurangnya sistem informasi yang saling terhubung antar instansi. Hal ini menyebabkan proses bongkar muat, perizinan, dan distribusi logistik menjadi lambat dan tidak efisien. Oleh karena itu, diperlukan pengaturan yang tegas mengenai integrasi penegakan hukum di pelabuhan melalui pendekatan berbasis sistem, teknologi informasi, serta standar operasional antar lembaga yang diatur dalam ketentuan yang terintegrasi dan berkepastian hukum.

Referensi

  1. Beek, Andre van. “Welkom Bij Havenbedrijf Rotterdam.” Nederlands Instituut Voor Navigatie. Last modified 2024. Accessed August 30, 2025. https://www.navnin.nl/new/wp-content/uploads/2024/09/2024_06_19-HCC-Rotterdam-Presentatie-NIN.pdf.
  2. Burke, Tony. “A Decade of Service: Celebrating 10 Years of the Australian Border Force.” Ministers for the Department of Home Affairs. Last modified 2025. Accessed August 30, 2025. https://minister.homeaffairs.gov.au/TonyBurke/Pages/celebrating-10-years-of-the-abf.aspx.
  3. Castillo-Manzano, José I., and Juan P. Asencio-Flores. “Competition Between New Port Governance Models on the Iberian Peninsula.” Transport Reviews 32, No. 4 (2012): 519–537.
  4. Cullinane, Kevin, Wei Yim Yap, and Jasmine S.L. Lam. “Chapter 13 The Port of Singapore and Its Governance Structure.” Research in Transportation Economics 17 (January 2006): 285–310. https://linkinghub.elsevier.com/retrieve/pii/S0739885906 170134.
  5. Dewa, Punta. “4 Negara Di Asia Tenggara Yang Memiliki Pelabuhan Transit Teramai Dan Tersibuk.” INews.Id. Last modified 2023. Accessed July 8, 2025. https://www.inews.id/news/internasional/4-negara-di-asia-tenggara-yang-memiliki-pelabuhan-transit-teramai-dan-tersibuk.
  6. Dutton, Peter. “A New Era in Border Protection.” Ministers for the Department of Home Affairs. Last modified 2015. Accessed August 30, 2025. https://minister.homeaffairs.gov.au/peterdutton/Pages/2015/a-new-era-in-border-protection.aspx.
  7. Eka Martiana Wulansari. “Penegakan Hukum Di Laut Dengan Sistem Single Agency Multy Tasks.” Jurnal RechtsVinding Online (2014). https://www.scopus.com/inward/ record.uri?eid=2-s2.0-85025834183&partnerID=40&md5=84a6211723ab73472 1e05760926ef180.
  8. Gorlin, Lee. “The Maritime Operational Threat Response Plan: A Model for Interagency Cooperation.” US Homeland Security Affairs. Last modified 2023. Accessed July 11, 2025. https://www.hsaj.org/articles/22141.
  9. Humphreys, Richard Martin. “Why Ports Matter for the Global Economy.” World Bank. Last modified 2023. Accessed July 2, 2025. https://blogs.worldbank.org/en/transport/ why-ports-matter-global-economy.
  10. Ilham, Taufik. “Prosedur Ekspor Dan Impor Indonesia Masih Kalah Dibandingkan Singapura Dan Hongkong.” HaluanRiau.Co. Last modified 2021. Accessed July 11, 2025. https://riau.harianhaluan.com/bisnis/pr-11731766/prosedur-ekspor-dan-impor-indonesia-masih-kalah-dibanding-singapura-dan-hongkong.
  11. Kurniati, Dian, ed. “Dwelling Time Tercatat Rata-Rata 2.6 Hari Pada Maret 2025.” DDTCNews. Last modified 2025. Accessed July 11, 2025. https://news.ddtc.co.id/berita/nasional/1810353/dwelling-time-tercatat-rata-rata-26-hari-pada-maret-2025.
  12. Lasse, D. A. Manajemen Kepelabuhanan. Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2014.
  13. Nonet, Philippe, and Philip Selznick. Law and Society in Transition: Toward Responsive Law. London: Routledge, 2017. https://www.taylorfrancis.com/books/97813515 09596.
  14. Notteboom, Theo, Athanasios Pallis, and Jean-Paul Rodrigue. “Ports and Economic Development.” In Port Economics, Management and Policy, 482–495. London: Routledge, 2021. https://www.taylorfrancis.com/books/9780429318184/ chapters/10.4324/9780429318184-44.
  15. Pribadi, Indra Arief. “Ekonom: Pelaku Pungli Di Pelabuhan Harus Dihukum Berat.” Edited by Risbiani Fardaniah. Antaranews.Com. Last modified 2021. Accessed July 5, 2025. https://www.antaranews.com/berita/2207042/ekonom-pelaku-pungli-di-pelabuhan-harus-dihukum-berat.
  16. Purba, Sri Rejeki Asih. “Tata Kelola Pelabuhan Dalam Implementasi ISPS Code Pada Aspek Keamanan Pengusahaan Pelabuhan Di Kepulauan Riau.” Universitas Maritim Raja Ali Haji, 2025.
  17. Rahma, Athika. “Fantastis, Nilai Pungli Di Pelabuhan Tanjung Intan Capai Rp 7 Miliar per Bulan.” Liputan6.Com. Last modified 2021. Accessed August 27, 2025. https://www.liputan6.com/bisnis/read/4589142/fantastis-nilai-pungli-di-pelabuhan-tanjung-intan-capai-rp-7-miliar-per-bulan.
  18. Rainer, Pierre. “Negara ASEAN Dengan Jumlah Pelabuhan Internasional Terbanyak.” Good News from Indonesia. Last modified 2023. Accessed July 8, 2025. https://data.goodstats.id/statistic/negara-asean-dengan-jumlah-pelabuhan-internasional-terbanyak-TtB17.
  19. Ridha, Andi Muhammad, Mohammad Heri, and Bayu Tri Setiaji. “Urgensi Penyatuan Lembaga Penegak Hukum Di Laut Indonesia.” Legalitas: Jurnal Hukum 16, No. 1 (2024): 1.
  20. Strategi Nasional Pencegahan Korupsi. “Lagi, Aksi Pelabuhan Sumbang Peningkatan Pendapatan Negara.” Last modified 2024. Accessed July 2, 2025. https://stranaspk.id/publikasi/berita/lagi-aksi-pelabuhan-sumbang-peningkatan-pendapatan-negara.
  21. Supriyanto, Benny Eko. “PNBP Dari Sektor Maritim Untuk Peningkatan Penerimaan Negara.” KPPN Watampone. Last modified 2024. Accessed July 2, 2025. https://djpb.kemenkeu.go.id/kppn/watampone/id/data-publikasi/artikel/3695-pnbp-dari-sektor-maritim-untuk-peningkatan-penerimaan-negara.html.
  22. “Airports and Seaports.” Australian Border Force. Last modified 2024. Accessed August 30, 2025. https://www.abf.gov.au/about-us/what-we-do/border-protection/airports -and-seaports/.
  23. “Apa Masalah Di Balik Tertahannya Ribuan Kontainer Di Sejumlah Pelabuhan Indonesia.” BBC Indonesia. Last modified 2024. Accessed July 5, 2025. https://www.bbc.com/indonesia/articles/cd117nv8dg0o.
  24. “Contact Havenmasteer.” Port of Rotterdam. Accessed August 26, 2025. https://www.portofrotterdam.com/nl/contact-havenmeester.
  25. “Empat Puluh Persen Jalur Perdagangan Dunia Melewati Indonesia.” Kementerian Perhubungan Republik Indonesia. Last modified 2018. Accessed July 1, 2025. https://dephub.go.id/post/read/empat-puluh-persen-jalur-perdagangan-dunia-melewati-indonesia.
  26. “The Business Case: Why Tackle Corruption in Ports.” Maritime Anti-Corruption Network (MACN). Last modified 2020. Accessed July 5, 2025. https://macn.dk/wp-content/uploads/2020/11/MACN-The-Business-Case-Why-tackle-Corruption-in-Ports-1.pdf.
  27. “The Department of Home Affairs and the Australian Border Force – Operational Enforcement Arm.” BDO Australia. Last modified 2022. Accessed August 30, 2025. https://www.bdo.com.au/en-au/insights/migration-services/dept-home-affairs-abf-operational-enforcement-arm.